Wednesday, September 1, 2010

Segitiga Bermuda Juga Ada di Indonesia...Jadi Berhati-hatilah

     Sebelum ini saya sering terbaca yang Segitiga Bermuda atau 'Bermuda Triangle hanya berada di benua Amerika.   Misterinya pun masih lagi belum terungkap....tup-tup...hari ni sedang saya membaca berita2 dunia sambil mencari info-info yang luar biasa tetiba saya dikejutkan dengan artikel - artikel tentang Segitiga Bermuda Di Indonesia.    Ini memang spekulasi yang mengejutkan dan rupa-rupanya ia sedang hangat diperkatakan di Indonesia.  Lintasan Segitiga Bermuda di Indonesia adalah dikenali sebagai  “The Masalembo Triangle“.



Berdasarkan pembacaan saya  dari artikel-artikel yang dikemukakan, Segitiga Masalembo adalah segitiga yang serupa dengan segitiga bermuda di kepulauan Bahama. Segitiga Masalembo ini terletak di perairan laut Jawa, tepatnya pertemuan antara laut Jawa dengan Selat Makasar. Jika dilihat dari gambar di atas kepulauan Masalembo ini lebih cenderung ke selat Makasar dibanding dengan laut Jawa.

Beberapa kejadian aneh dan kecelakaan pernah terjadi di daerah segitiga tersebut. Masih ingat peristiwa tenggelamnya kapal Senopati?? KM Teratai?? atau yang lebih dahsyat lagi peristiwa hilangnya pesawat Adam Air?? Peristiwa-peristiwa tersebut terjadi di daerah segitiga maut ini lah.  Bukan baru2 ini saja, dulu pada tanggal 27 Januari 1981 KM Tampomas II terbakar di laut dan karam, lokasi kejadian di segitiga maut ini juga.  Cuba baca artikel di bawah ni.....

“Lokasi kecelakaan KM Teratai sekitar tiga mil dari bibir pantai Majene dan enam mil dari lokasi jatuhnya pesawat Adam Air,” kata Ignatius dalam laporannya kepada Menhub Jusman Syafii Jamal di Bandara Sultan Hasanuddin, Makassar, Senin (12/1)

Banyaknya kecelakaan dan peristiwa aneh lainnya di daerah tersebut membuat daerah segitiga tersebut menjadi daerah terlarang di perairan Indonesia. Huiiii...kalau dibaca betul-betul meremang bulu tengkuk sebab dekat ngan tempat kita  Apa jadinya kalau ternyata Indonesia juga memiliki daerah segitiga maut seperti halnya segitiga Bermuda..? apakah kita takut untuk melewati daerah tersebut..?

Lepas satu artikel ke satu artikel lain...cuba mencari kebenarannya...akhirnya ku temui jawapan secara logikal dan berdasarkan faktor geo tempat tu....soooo...kita teruskan pemgembaraan kita ke dunia Geografi  Fizikal la pulakkkk...kegemaranku....



Di atas ini digambarkan arus laut di Indonesia, terutama Indonesia Timur. Cuba kita  perhatikan arus yang melalui kawasan Segitiga Masalembo ini. Pada bahagian atas (garis hijau) menunjukkan air laut mengalir dari barat memanjang di Laut Jawa, berupa monsoon stream atau arus musim. Arus ini sangat dipengaruhi oleh cuaca dan musim. Sedangkan dari Selat Makassar ada arus lain dari utara yang merupakan t aliran air laut akibat perbezaan suhu lautan. Kedua arus ini bertemu di sekitar Segitiga Masalembo.  Jadi...makanya tentu saja arus ini akan sangat mempengaruhi pelayaran laut disini. Arus musim ini sangat dipengaruhi juga oleh suhu air laut akibat pemanasan matahari. 

Kalau dibandingkan dengan Segitiga Bermuda, lokasi Segitiga Masalembo juga tidak menunjukkan keanehannya. Segitiga Masalembo ini lebih ditentukan oleh faktor gangguan alam atau faktor fizikal dan yang pastinya bukan mistik. Yang mungkin paling dominan adalah faktor meteorologi termasuk didalamnya faktor cuaca, termasuk didalamnya angin, hujan, awan, kelembaban air dan suhu udara yang mungkin memang merupakan manifestasi dari konfigurasi batuan serta kondisi geologi, oceaografi serta geografi yang sangat unik.

Boleh teruskan pencarian fakta di Berita Seputar Selibritis...laman ni banyak menerangkan faktor-faktor yang menyebabkan di Indonesai ada Segitiga Bermuda.....jadi jangan terlalu takut tapiiiii perlu berhati-hatiiiiii......



 


0 comments: